Bisnis Yuk

Zaman kontemporer ini iklim pengusaha mulai mendapatkan tempat di mata masyarakat Indonesia. Menjadi seorang karyawan seolah bukan lagi kursi empuk tujuan setelah mendapatkan kelulusan, melainkan menjadi seorang pengusaha yang ownernya jalan-jalan tapi bisnisnya tetap berjalan. Padahal satu kegiatan ekonomi yang tidak kalah penting selain produksi yang dimiliki oleh pengusaha adalah investasi, dan kegiatan yang satu ini semestinya dilakukan oleh seorang pengusaha maupun konsumen yang memang seharusnya menyisihkan pendapatannya untuk berinvestasi.

Pemilihan bisnis yang tepat pun harus dipertimbangankan dengan matang oleh pelaku usaha. Bercermin dari kecendrungan masyarakat hari ini, pemasaran barang atau jasa umumnya tidak dapat dikerjakan langsung dari produsen kepada konsumen, melainkan harus melalui beberapa perantara yang menyalurkan barang dari produsen ke konsumen yang dikenal dengan sebutan lembaga saluran distribusi (saluran pemasaran). Sebagai mata rantai terakhir dari saluran pemasaran tersebut adalah pengecer (retailer). Retailing (pedagang eceran) merupakan kegiatan yang sangat penting dalam menyampaikan barang dari produsen ke konsumen. Bisnis retail di Indonesia pun mulai berkembang. Bangkitnya bisnis ritel, baik besar maupun ritel kecil. Seperti mulai menjamurnya arena berbelanja berupa pusat-pusat petokoan, supermarket, hypermarket, minimarket, departement store dan plaza yang bermunculan di berbagai kota besar dan kota kecil. Hal tersebut tidak lepas dari tuntutan kebutuhan masyarakat yang ingin serba praktis, cepat dan menghemat waktu, dan nyaman, kondisi ini didorong oleh semakin maraknya berbagai bisnis baru yang membuka peluang timbulnya bisnis ritel baik peritel besar maupun peritel kecil.

Bisnis ritel di Indonesia makin hari dirasakan semakin ramai dan para pengusaha ritel pun mulai menambah jumlah outletnya diberbagai wilayah hingga masuk ke pelosok daerah. Apalagi setelah meningkatnya sejumlah supermarket atau minimarket baru dari berbagai perusahaan ritel yang menyelenggarakan program-program tertentu yang diyakini mampu mengajak masyarakat untuk berbelanja di perusahaannya yang otomatis berpengaruh terhadap omzet penjualan dan pengadaan barang dari bisnis ritel yang selalu menunjukan kenaikan tajam. Untuk anda yang tertarik mendalami bisnis retail atau berniat untuk menanamkan modal dalam bentuk investasi lainnya bisa mengunjungi BKPM untuk mendapatkan layanan konsultasi atau mengurus izin investasi.

Leave a comment